Modifikasi Motor, harga motor dan mobil terbaru

Jumat, 19 Maret 2010

Memeriksa sistem AC

1. PROSEDUR STANDAR MENYIAPKAN MANOMETER
• Ambil manometer dari tempatnya
• Amati selang dari kesalahan pemasangan, slang tekanan tinggi ( berwarna merah ) sejajar dengan menometer tekanan tinggi,( berwarna merah ), Slang tekanan rendah ( berwarna biru )sejajar dengan manometer tekanan rendah ( berwarna biru ).dan selang penyalur ( berwarna kuning )berada diantara keduanya.
• Periksa semua kran dari kemungkinan kebocoran.
• Kencangkan semua mur pengunci antara slang dengan manometer

2. CARA MEMVACUM SYSTEM AC

• Utamakan keselamatan kerja, denga cara memakai sarung tangan, memakai kacamata kerja,masker, baju kerja dan sefty shoes.
• Siapkan manometer sesuai dengan prosedur di no. 1
• Hubungkan slang tekanan tinggi ( berwarna merah ) ke katup pelayanan tekanan tinggi ( discharge )
• Hubungkan slang tekanan rendah ( berwarna biru ) ke saluran tekanan rendah ( suction )
• Hubungkan slang penyalur ( berwarna kuning ) ke pompa vacuum
• Pastikan semua mur pengunci menutup rapat saluran-saluran tersebut
• Buka kran saluran tekanan tinggi dan tekanan rendahsehingga gas Freon tidak lagi terdapat pada system AC.
• Setelah system menjadi vacuum lepaskan semua peralatan dari system dengan cara kebalikan dari memasang

3. CARA MENGISI FREON DARI DAERAH TEKANAN TINGGI ( SYSTEM OFF )

• Utamakan keselamatan kerja, denga cara memakai kacamata kerja, masker, baju kerja, sarung tangan, dan sefty shoes.
• Pastikan system dalam keadaan OFF
• Siapkan manometer sesuai dengan prosedur di no. 1
• Ukur tekanan isi Freon yang ada dalam system.
• Hubungkan slang tekanan tinggi ( berwarna merah ) pada katup pelayanan tinggi ( D )pada kompresor atau daerah tekanan tinggi.
• Hubingkan slang penyalur ( berwarna kuning ) pada tabung Freon yang berisi Freon cair, dan pastikan tabung Freon berada lebih tinggi dari system, gantungkan tabung Freon tersebut menggunakan neraca pegas.
• Buka kran saluran tekanan tinggi pada manometerdan kran pada tabung Freon disertai dengan mangamati besarnya Freon yang masuk denga cara mengamati neraca pegas.
• Setelah Freon yang masuk dirasa cukup, ( sesuai denga standar ) tutup kembali semua saluran/kran,
• Lepaskan semua peralatan dari system sesuai dengan prosedur ( kebalikan dari langkah memasang )


4. CARA MENGISI FREON DARI DAERAH TEKANAN RENDAH ( SYSTEM ON )

• Utamakan keselamatan kerja, denga cara memakai kacamata kerja, masker, baju kerja, sarung tangan, dan sefty shoes.
• Pastikan system dalam keadaan ON
• Ambil manometer dari tempatnya sesuai denga prosedur di no. 1
• Periksa tekanan Freon dalam system ( apabila hanya menambahkan )
• Hubungkan slang tekanan rendah ( berwarna biru ) pada katup pelayanan rendah ( S ) pada kompresor atau daerah tekanan rendah.
• Hubungkan slang penyalur ( berwarna kuning ), pada tabung Freon yang berisi Freon gas, tempatkan tabung tersebut di bawah system.
• Buka kran saluran tekanan rendah pada manometerdan kran pada tabung Freon disertai denga mengamati besarnya Freon gas yang masuk ( standar : 1,5 – 2 bar )
• Setelah dirasa cukup tutup kembali semua kran pada saluran tekanan rendah dan tabung Freon
• Lepaskan semua peralatan sesuai denga standar.

5. MENGECEK SYSTEM PADA SAAT OFF


• Utamakan keselamatan kerja, denga cara memakai kacamata kerja, masker, baju kerja, sarung tangan, dan sefty shoes.
• Ambil manometer dari tempatnya sesuai denga prosedur di no. 1
• Hubungkan slang tekanan tinggi ke katup pelayanan tekanan tinggi ( D ),Pastikan bahwa kran tertutup rapat.
• Hubungkan slang tekanan rendah ke katup pelayanan tekanan rendah (S ) dan pastika kran tertutp denga rapat.
• Sistem yang normal mengindikasikan di saluran tekanan tinggi maupun tekanan rendah adalah “ SAMA “, missal tekanan di salutran tekanan tinggi adalah 1 bar maka tekanan di saluran tekanan rendah adalah 1 bar.
• Lepaskan semua peralatan sesuai denga standar

6 . MENGECEK SYSTEM PADA SAAT ON


• Utamakan keselamatan kerja, denga cara memakai kacamata kerja, masker, baju kerja, sarung tangan, dan sefty shoes.
• Ambil manometer dari tempatnya sesuai denga prosedur di no. 1
• Hubungkan slang tekanan tinggi ke katup pelayanan tekanan tinggi ( D ),Pastikan bahwa kran tertutup rapat.
• Hubungkan slang tekanan rendah ke katup pelayanan tekanan rendah (S ) dan pastika kran tertutp denga rapat.
• Pada RPM mesin 1000, di saluran tekanan rendah tekanannya = 1.5 bar - 2 bar.
• Pada RPM mesin 1500 di saluran tekanan tinggi tekanannya = 14 bar -14,5 bar.
• Lepaskan semua peralatan sesuai denga standar

Contoh dari rangkaian AC pada kendaraan




Memeriksa sistem AC Diposkan Oleh: Opick Taopik